Thursday, July 14, 2005

Artinya kiasu

Latest Update:
Di sini bensin ada 3 jenis (model kayak jakarta, eh di jkt cuma 2 dink premix, dan premium), dan harga yang paling mahal kalo gak salah sekitaran 1 dolar 60-an cent, dan beda antara grade yang tengah dan yang paling bawah gak gitu banyak sih, dan gue gak pernah merhatiin dengan seksama.
Jadi kalo dibandingin ama Indo mah jauh lah yau harganya...dan yang gue tau di Aussie, tiap pom bensin selalu pasang harga di depan pomp bensinnye, sedangkan di sini harga semuanya sama unuk merk bensin yang sama, jadi seluruh Caltex harganya bakalan sama lah ya, cuma kalo jaman dulu diskonnya suka beda2 antara Caltex satu dengan lainnya, cuma sekarang kayanya sama deh...

Dari hasil postingan sebelumnya ternyata banyak yang nanya-in apa sih artinya Kiasu.
Well, dulu waktu baru pindah gue juga gak tau ape artinya..hmm KIASU itu aslinya berasal dari bahasa Hokkian atau Hokkien (kalo yang gak tau ini bahasa, ini adalah salah satu dialect-nya Chinese, yang biasa dipake orang Medan), yang artinya adalah gak mau rugi (kayanya itu adalah arti yang paling tepat ye), atau apa2 selalu maunya nomer satu, gak mau kalah....
Di Singapore itu kan benernya bahasanya gado2 banget, udah pake accent Singlish (pake akhiran -lah, -meh, -loh), masih diselip2in jargon2 yang derived dari bahasa melayu, hokkian (kayanya banyakan hokkian-nya, karena main dialect di Singapore itu adalah Hokkian, kali karena deket Medan kali ya?), chinese, kalo bahasa Hindi atau Tamil malah kayanya hampir gak ada pengaruhnya di Singapore, kali cuma dipake ama orang2 keturunan India.
Jaman dulu nih waktu tahun 1981 (pertama kali gue menginjak Singapore, masih piyik gue...hehhe...duh kesannya tua banget ya, jangan2 ada blogger yang taun segitu juga beloman lahir *blush*) orang Singapore itu sopan2, baik2 dan ramah2, tapi dengan seiring jalannya waktu, sekitar mid 90's gituh, kayanya koq kesantunan mereka berkurang.
Dan pas gue pindah ke Singapore for good, mampus lah gue ini, ternyata orang Singapore itu adalah monster yang mengerikan, kali karena kompetisi yang makin kuat kali ya, dan iklim yang gak sehat ini menyebabkan orang2 jadi stress (gue juga kena tuuu yang ini mah...), apa2 gak mau kalah, makanya ada istilah Kiasu, dan orang sering bilang Singaporean itu Kiasu, apa2 maunya nomer satu, malah sempet dibikin pilem seri di tipi (konyol sih, gue gak pernah nonton) yang judulnya Mr. Kiasu, buat nyindir2 kejadian sehari2 deh....
Gitu loh kira2...tapi seberapa kiasu-nya gue itu, yah so far sih untunglah gue belom se-kiasu orang asli, tapi kali bakat2 kiasu gue udah mulai muncul, ihhhh amit2 jabang bayi *touch wood*
Kalo gue baca2 dari atas kok postingan gue kali ini scientific banget yak? kayak pelajran bahasa..kuakakakkaka....

1 comment:

Unknown said...

Bahasa tiociu kiasu artinya takut kalah brarti intinya sama aja dong ya ama selalu mau jadi no 1