Tuesday, February 15, 2005

Counting My Blessing

Beberapa hari belakangan ini gue lagi feel low banget. Gue berasa terperangkap dalam kehidupan gue. Kayanya semuanya salah. Dan gue sering banget berasa begini, kayanya gue salah tempat, salah waktu, salah lingkungan dan nggak bisa lari ke mana-mana, sedih banget kalo udah begini, dan tambah depressed jadinya.
Gue ngeliat pembantu gue, terus gue mikir, benernya gue nggak perlu punya pembantu, asal aja CC mau bantuin gue ngerjain pekerjaan rumah. Gue emang bukan orang yang rapi, tapi gue sebel kalo gue udah rapiin rumah terusan CC naruh barang sembarangan lagi, dan nggak mau bantuin gue beres2, alhasil gue mogok ngerapihin rumah dan rumah jadi kaya kapal pecah. Makanya CC insist buat punya pembantu.
Tapi pas punya pembantu, memang nggak ada pembantu yang bisa sesempurna pembantu gue waktu gue masih kecil deh...Pembantu gue yang ini agak ajaib, wkayanya gue dah pernah nulis, waktu itu gue lagi bikin soto from the scratch dengan segala macam bumbu2 segar, trusan pembantu gue komen,"Loh mam, ngapain sush2 begitu bikinnya, kan tinggal ke supermarket, beli indofood bumbu soto, trus beli daging, dan sotonya udah jadi." Denger dia ngomong gitu gue jadi urut dada..ck..ck..ck pembantu jaman sekarang...
Hal selanjutnya yang gue nggak suka, gue dan CC yakin bhw pembantu gue ini tidak sesimpel penampilannya, dia suka acting blur gitu, padahal kita tau dia itu pinter, tapi belaga bodoh...
Lalu nggak punya inisiatif buat belajar bahasa inggris, tiap kali CC ngomong bahasa inggris, dia belaga kaga ngerti. gue capek jadi interpreter, dan gue nggak suka kalo CC mau nyuruh pembantu, musti ngomong lewat gue, emangnya gue juru kunci ape?
Tapi di lain pihak, gue adalah makhluk yang lemah, gue nggak tega buat ngomelin pembantu gue, dan gue juga nggak tega buat minta tuker pembantu. tapi alhasil gue jadi depresi.
Trus kalo dipikir2 lagi nasib dia sebagai pembantu itu sangat menyedihkan loh, coba aja bayangin, dari kampung, nggak kenal siapa2 musti hijrah ke negara asing yang dia juga nggak tau bahasanya, dan nggak bisa milih majikannya. Trus tiap hari kerjaanya di rumah sendirian, nggak bisa ngomong sama siapa2, apa nggak stress sih?
Itulah sebagian contoh dari gue, yang selalu memikirkan kesejahteraan orang lain tanpa memikirkan kesejahteraan diri gua sendiri. Jadi kebayang dong gimana tertindasnya gue dalam menghadapi kehidupan yang kejam ini?
Tapi kayanya gue jadi orang terlalu baik, selalu diinjak oleh orang semena2, gue mudah memaafkan orang, sedangkan di lain pihak gue nggak suka nyusahin orang, jadinya kalo jadi gue itu sangat nggak enak banget, makanya gue bisa depresi...
Gue nggak tega nyuruh2 orang, even though gue dalam kapasitas terdesak, pokoke gue selalu jadi orang yang tertindas deh dalam segala suasana. Tapi gue nulis di sini bukan dalam kapasitas mengasihani diri sendiri, karena gue pada dasarnya juga nggak suka sama orang yang suka mengasihani diri sendiri.
Jadi daripada gue menyesali nasib, sekarang gue lagi belajar untuk menghitung berkat yang udah Tuhan berikan kepada gue.
Kali kalo gue ngeliat kok orang2 hidupnya lurus2 aja, tapi gue kan nggak pernah tau apa pergumulan hidup yang mereka hadapi, ya nggak?
Dan orang2 di sekeliling gue selalu bilang how lucky I am to be me, weleh mereka nggak tau apa rasanya jadi gue...btw rumput tetangga kan selalu lebih hijau daripada rumput sendiri, setuju?????

No comments: