Wednesday, June 23, 2004

Day Surgery

Kemaren akhirnye gua pergi day surgery untuk gastroscopy dan colonoscopy. Ngak gituh takut juga sih....waktu arrive di check in counter, gua lagi mikir loh kok tvnye ngomong bahasa indonesia, ternyata dia nyetel RCTI, gua sampe bingung, apa karena demi menyambut gua tvnye dipasang rcti kali ye? *ge er*
Trusan suster yang di check in counternye mukanye rada2 asem, kali dia sarapan asem ye paginye? hihihihiihihihi....
Dan pas gua duduk nunggu dipanggil, gua baru sadar ternyata strait times edisi hari itu lagi ngomongin colonoscopy, cuma sayang itu koran dikuasai oleh orang yang duluan nyampe di situ, jadi gua ngak bisa baca. Gue jadi tambah ge er, kok wartawan bisa tau ye gua mau di-colonsocopy? *belaga polos*
Aniwe akhirnye gua dipanggil masuk...dan di dalem ada locker buat naroh barang2 gua, dan abis itu gua dapet ranjang nomer 9, ternyata di ruangan itu ada sekitar 9 ranjang buat orang ngelakuin day surgery, tadinye gua pikir surgery-nye bakalan dilakuin di situ juga tapi gua pikir ah tidak mungkin..soale aneh atuh tiap ranjang cuma dipisahin dengan tirai doank, dan ternyata itu ruangannye buat orang siap2 dan buat recovery abis keluar dari ruangan treatment-nye....
Trus gua disuruh ganti dengan baju rumah sakit yang cuma jubah doank dan iket di belakang leher itu loh..kayak yang dipake sama si jack nicholson di pelem ape ye..kok gua lupa...pokoke yang itu lah...ntar kalo inget gua edit tulisan ini...
trusan susternya nanya gua mau baca majalah nggak, so gua bilang yes please lah...eh dibawaain 2 majalah satu style, dan yang satu lagi parenthood....benernya majalah style itu dah gua baca di marie france waktu treatment, tapi pas gua liat majalah parenthood ada headline tentang how to cope with yourkids something gua lupa ape, gua pikir wah itu bisa nambah gua stress sebelom gua masuk ke ruangan treatment atuh, so yah udah no choice gua baca style deh...dan setelah gua perhatiin, ternyata ranjang nomer 1 ngak ada di tempat, so orangnye pasti dah di ruangan surgery, soale pan waktu gua baru check in dan nunggu di depan gua liat dokternya masuk ke ruangan....
Gua jadi agak gimana gituh, tapi aniwe gua pikir dah lah relax, toh at least ntar gua bisa liat itu ranjang no 1 punya orang pas dibawa masuk gimana kondisinye..pas gua liat weleh tuh orang kok jadi bikin gua serem...keliatannye serius banget, eh tau2 gua ngeliat ada suster ngomong ama dia, dan gua jadi kaget donk...kemaren ini susternya bilang kan bakalan completely knock out....kok tau2 tuh orang keluar bisa diajak ngomong ama susternye...dan keliatannye lemes banget...
Pas suster surgery dateng ke ranjang gua, dengan paniknya gua nanya, dibius kaga sih? susternye bilang dibius kok, cuma elo bakalan masih bisa dengerin orang ngomong2 during the proses, waahhhh gua jadi ngeri....
Pas ranjang gua dah sampe di dalam, agak sedikit mengerikan, tapi at least ruangan ini ngak seserius ruangan yang waktu gua operasi amandel dulu, ngak kelitan ada gunting dan lampu operasi yang gedenye aujubileh gitu, terusan susternya masang jarum di tangan gua dan dokternya nanya "are you ok?" gua cuma bengong aje kayak orang bloon, dokternye bilang "it's ok lah you don't need to worry", trus jarumnye dihubungin ama jarum yang udah dipasang ke gua, dan gua disuruh gigit something kayak corong gitu dan suruh berbaring nyamping, abis itu antara sadar dan ngak, tau2 susternye suruh gua lepas gigitan gua di corong, tau2 gua liat weleh....ada tv yang siarannye bukan rcti tapi usus gua....dan gua ngeliat kok kayanya usus gua ngak tau digunting ape ditusuk gitu dan gua ngeliat ada suster yang dari jauh megang kabel kayak lagi maen layangan, pas dokternye bilang oke tuh suster narik kabel dan usus gua tiba2 berdarah dikit kauak ditusuk gitu..ngak berasa sih cuma yang terakhir aja ada rasanye dikit...abis itu selesai, dan ranjang gua didorong balik ke recovery room. Wah lega rasanye....
Pas sampe sono gua liat kok ranjang 8 dah nggak ada dan ranjang 1 masih terkapar gitu, gua sampe bingung, suster yang in charge di recovery room ada 2, yang 1 nyuruh gua tidur, tapi gua ngak bisa tidur kok, gua pikir gastroscopynye beloman, kali ntar dibawa masuk lagi buat gastro, soalnya gastro dari tenggorokan, sedangkan colon dari belakang periksanye.
Trusan nggak lma ranjang 8 balik dan juga terkapar gitu, kan ada nyokapnya nungguin, dan gua juga denger waktu ada telpon masuk ke hp nyokapnya, nyokapnya bilang dia masih tidur dibawah pengaruh obat bius, quite heavy sleep, gua jadi garuk2 kepala gua (eh nggak ada kutunya loh he he he), kok semua orang terkapar gua biasa2 aja, akhirnya suster yang satu lagi nengokin gua, dan nyerah kali ya ngeliat gua masih celangak celinguk gitu, dan dia bilang wah kamu keliatannya seha dan sadar banget, makan ajah deh ya, dan gua ditanyain mau kopi apa coklat panas, of course gua pilih coklat panas, dan abis itu susternya ngasih gua coklat panas dan tuna sandwich, weleh akhirnya makan juga gua....dan CC masuk...trusan susternya bilang yah udah sekarang coba berdiri..kalo nggak apa2 yah discharge aja deh...akhirnya gua didischarge, tapi musti consult ke dokter lagi...hasilnya everything is ok, unless di usus besar gua kata dokternya kayak ada parasit atau bakteri gitu, ktanya mungkin dulu kena food poisoning (weleh..sedap malem euh??? waktu pulang jakarta waktu itu????)kali nggak bersih parasitnya masih nemplok di perut, anyway no need to worry, nothing serious kata dokternye, tapi masa yang digunting2 itu dikirim buat biosy, bikin gua takut ajah, tapi test darah hasilnya oke banget nggak ada unsuspected growth cell sih, dan balik lagi ke dokter minggu depan, meanwhile gua under very heavy antibiotics..
Aniwe everything sih kayaknya mulus2 aja cuma perutnya berasa banyak angin banget, soalnya kan nggak makan solid food dari kemaren siangnya, dan abis minum obat cuci perut itu bener2 perut gua dicuci sampe bersih....jadi yah berasa banget anginnya...Abis ketemu dokter akhirnya kita makan siang (asikkk makan lagi), dan abis itu balik ke kantor...tapi karena perut gua agak nggak enak berasa banyak angin gitu, ya gua tidur siang di kantor. Dan sorenya, kita left office sekitar jam 4, mampir di cafe caltex beli cake dan coklat panas (asikkk makan lagi hehehehe...) trus ketemuan ama Diana dan bisa jalan2 he he he...malemnya makan malem di hui cui (asikk makan lagi, gua jadi seneng makan gara2 puasa kemarennya itu loh *nyengir*)..
Hari ini so far so good, cuma ada weird feeling doank ajah...kayak biasa mau kena attack gitu.....

No comments: